Manfaat Kalsium bagi tubuh

Banyak orang yang tidak memahami betapa pentingnya mineral ini untuk tubuh manusia. Sebagian besar orang, memahami fungsi kalsium hanya untuk tulang dan gigi, seperti yang mereka lihat di televisi, Yups, memang kalsium sebagian besar (99%) di simpan dalam tulang dan gigi. Ingat, ini hanya sebagai cadangan, yang sewaktu-waktu osteoclast akan mengambil kalsium dari gigi dan tulang jika asupan dari luar (makanan) dirasa kurang. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium harus dari luar (dari makanan).

Jika kadar kalsium dari makanan Anda tidak cukup, otak akan memerintahkan osteoblast untuk mengambilnya dari gigi. Jika defisit dari gigi sudah dirasa tidak bisa lagi, maka darah akan mengambilnya dari tulang. Maka akan terjadi penyakit osteoporosis, penyakit pembunuh ke 2 di dunia setelah jantung. Jika ini terjadi pada masa pertumbuhan 1 – 20 tahun, maka seorang anak akan mengalami berbagai gangguan. Seperti kecerdasan dan pertumbuhan. Jadi jangan heran jika tubuh Anda tidak tinggi, bisa dipastikan Anda mengalami kekurangan mineral kalsium dan seng pada masa pertumbuhan. Jangan sampai ini terulang lagi pada anak Anda.

Kemana yang 1%?
Apa saja manfaat dan  fungsi kalsium untuk kesehatan tubuh. 1% disumbangkan untuk menopang aktivitas seluruh organ tubuh. Misalnya untuk memberikan energi bagi jantung untuk berdetak. Jadi batu batere jantung Anda adalah kalsium. Inilah penyebab kenapa ibu hamil sering kali menderita gangguan tekanan darah, dia kekurangan kalsium.

Kalsiumlah yang membuat jantung dapat berdetak secara normal, memompa darah keseluruh jaringan tubuh kita. Saat jantung mengerut/mengempis (constrict) ion kalsium mengatur ritmenya. Kalsium yang masuk ke dalam sel otot jantung akan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung (mengembang dan mengempis terus menerus) sehingga kita bisa tetap hidup menikmati karunia-karunia Tuhan.

Apa jadinya jika asupan dari luar (makanan) kurang mengandung kalsium? Pertama kali darah akan mengambilnya dari gigi untuk bahan bakar jantung. Jadi jangan heran jika usia 30 tahun ke atas gigi sudah mulai ngilu. Dan jangan heran, orang yang kekurangan kalsium, jantungnya bermasalah. Seperti HP yang mulai kekurangan listrik. Lowbet, dan memberikan bunyi alarm peringatan agar Anda melakukan isi ulang listrik (recharge). Apa tanda (alarm) jika jantung Anda bermasalah? Debar jantung kacau (aritmia jantung), mood selalu berubah-ubah (fluktuatif), sedih dan cemas tanpa alasan.

Satu-satunya cara terbaik untuk penderita jantung adalah cukupi kalsiumnya. Sampai hari ini kalsium yang bisa diserap oleh tubuh sampai 96% adalah kalsium berjenis Asam Amino Kalsium.

Kalsium untuk pertumbuhan janin, bayi, dan anak-anak
Kekurangan kalsium bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan menurunnya daya tahan tubuh bayi (mudah sakit-sakitan). Juga mempengaruhi turunnya kualitas kecerdasan. Sebab kalsium berperan penting untuk pembentukan sel-sel otak dan neuro transmitter.

Beberapa penyakit yang muncul akibat kekurangan kalsium adalah hiperaktif, gigi sulit tumbuh, lambatnya perkembangan motorik (syaraf dan gerakan organ tangan dan kaki), perkembangan kecerdasan verbal (bicara dan daya dengar), autis, dll. Pertumbuhan anak Anda terganggu? Berikan buah hati Anda kalsium untuk kecerdasan dan pertumbuhan anak

Fungsi kalsium untuk ibu hamil

70 % cadangan kalsium dalam tubuh ibu hamil akan diambil oleh janin. Ini untuk menjamin pembentukan otot, otak, tulang dan organ-organ tubuh.  Jika kekurangan kalsium ibu hamil akan mengalami aritmia jantung, susah tidur, kram otot, cepat capek, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, nyeri tulang punggung, menurunnya sistem imun tubuh, haid sakit pasca hamil, gangguan kesuburan, beresiko keguguran, lemah jantung, dan gangguan emosi (mudah marah atau malah murung).

Kekurangan kalsium menyebabkan rematik, kram otot, dan sakit pinggang
Kontraksi otot kerangka dirangsang oleh ion kalsium. Ketika syaraf diaktifkan, ion kalsium masuk ke dalam sel otot. Kepadatan jumlah kalsium di tubuh menentukan keseimbangan dan elastisitas otot-otot, syaraf, dan pembuluh darah Anda.

Mengapa seseorang tinggi badan dan besaran ototnya terganggu? Yap, kurang kalsium. Jadi untuk Anda yang ingin menambah tinggi badan atau Anda yang ingin membentuk badan yang ideal (body builder) di ruang fitness, ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi kalsium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda. Hindari kalsium berjenis fosfat, laktat, sitrat, dan glukonat. Sebab dapat menimbulkan efek samping berupa batu ginjal dan pengapuran

Pankreas membutuhkan kalsium
Penderita diabetes kehilangan kalsium lebih banyak. Karena itu 60% penderita diabetes mengalami osteoporosis. Keberadaan kalsium juga bisa merangsang pankreas aktif kembali menghasilkan insulin dengan baik. Jika Anda penderita Diabetes Tipe 2 (tidak disuntik insulin), Anda bisa mengkonsumsi secara rutin kalsium terbaik di dunia yang dapat mengaktifkan pankreas Anda

Kalsium untuk syaraf
Kalsium sangat berhubungan dengan proses neurotransmitter. Transfer ion kalsium sangat mempengaruhi pengaktifkan dan pengistirahatan otak. Jadi jika Anda kekurangan kalsium, salah satu akibatnya adalah Anda jadi susah tidur (insomnia), komputer otak Anda susah dishutdown.

Kekurangan kalsium dapat menghambat pelepasan syarat pesan sehingga akan merusak mekanisme pengaktifan dan pengistirahatan. Anda jadi tidak bisa berpikir (telmi, hehe), susah fokus, dan bingung memikirkan sesuatu yang tidak jelas.

Kalsium untuk Sistem Pertahanan Militer tubuh Anda
Kalsium berfungsi membentuk sel makrofagus. Makrofagus berperan seperti satuan patroli militer dalam tubuh. Mereka adalah mata-mata dan satuan penyerang. Mereka memberikan sinyal pertama kali kepada sistem pertahan tubuh ketika dapat serangan penyakit. virus, racun, kuman, bakteri atau benda asing apa pun yang masuk ke dalam tubuh.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: